Rumah Sakit Umum Banjarnegara Jl. Sudirman No. 42 Banjarnegara Telp. 0268  91464   Fax.  0268 59 2462

Posted on February 5, 2011

0


PROFIL KELEMBAGAAN
Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banjarnegara sebagai satu – satunya rumah sakit milik pemerintah yang ada di wilayah Kabupaten Banjarnegara, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 495 / Menkes / SK / V / 1994 tanggal 30 Mei 1994 adalah sebuah rumah sakit type C yang menjadi rujukan bagi 34 Puskesmas serta para dokter dan bidan praktek swasta yang berada di wilayah ini.
Lokasi rumah sakit dengan luas area tanah 6.164 m2 yang terletak di Jalan Jendral Soedirman nomor 42 Banjarnegara ini mudah dijangkau dengan kendaraan umum karena berada di ibu kota kabupaten. Di sebelah utara berbatasan dengan kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara di Jalan Mayjen Soetoyo, serta di sebelah timur dan selatannya berbatasan dengan wilayah pemukiman penduduk.
Dengan jumlah karyawan sebanyak 309 orang, Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banjarnegara dalam menyelenggarakan fungsi pelayanannya sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 12 Tahun 2002 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banjarnegara, mempunyai beberapa unit pelayanan yang terdiri dari 8 ruang rawat inap berkapasitas 148 tempat tidur, 9 unit poliklinik, 1 unit pelayanan gawat darurat, serta didukung oleh 11 unit instalasi pelayanan. Untuk kelancaran mobilisasi, di rumah sakit ini tersedia 2 unit ambulan dan 1 unit mobil jenazah.
Semenjak diberlakukannya Undang – Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah, Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banjarnegara mengalami beberapa kali perubahan kelembagaan :
a. Sampai dengan bulan Juni tahun 2002, Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banjarnegara merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.
b. Tanggal 11 Pebruari 2002 dengan dengan Surat Keputusan Bupati No. 33 tahun 2002, Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banjarnegara ditetapkan sebagai lembaga mandiri ( swadana ) yang bertanggungjawab langsung kepada Bupati.
c. Tanggal 8 Juni 2002 berdasarkan Perda No. 12 tahun 2002 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banjarnegara, akhirnya Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banjarnegara ditetapkan sebagai sebuah lembaga pemerintah yang berbentuk badan, berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
Motto :
” Merawat Untuk Mengabdi ”
Filosofi :
Menyelamatkan atau menyembuhkan dan memberi kepuasan kepada pasien merupakan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Nilai – nilai dasar dalam penyelenggaraan organisasi :
Setiap elemen di Badan Rumah Sakit Umum Daerah Banjarnegara adalah penting, tidak ada yang lebih penting maupun lebih tidak penting.
Nilai – nilai dasar penyelenggaraan pelayanan :
Pasien dan masyarakat adalah mitra rumah sakit yang akan senantiasa bersama – sama meningkatkan kinerja rumah sakit
Visi
Terwujudnya Rumah Sakit Umum Daerah Banjarnegara yang mandiri dalam pelayanan dan mampu memberikan pelayanan kesehatan prima terjangkau oleh masyarakat pada tahun 2010
Misi
1. Mewujudkan rumah sakit terakreditasi penuh tingkat lanjutan tahun 2006
2. Menyediakan fasilitas pelayanan yang memadai secara bertahap tahun 2010.
3. Mewujudkan rumah sakit yang berdaya saing, dengan program unggulan KIA – KB dan penanganan malaria.
4. Memfasilitasi koordinasi antar unit kerja dan dengan instansi terkait.
5. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, motivasi kerja dan kesejahteraan karyawan.
Strategi Pengembangan Organisasi :
1. Menciptakan kesan baru
2. Menciptakan pasar baru
3. Membangun dari dalam ( internal development ) dengan :
a. peningkatan kinerja administrasi
b. peningkatan kinerja pelayanan
c. peningkatan kinerja program
d. peningkatan kinerja keuangan
e. peningkatan kinerja kordinasi lintas sektoral
Menyediakan fasilitas peralatan yang memadai secara bertahap adalah komitmen penyelenggaraan pelayanan yang berorientasi kepada pelanggan. Pembangunan fisik gedung, sarana dan prasarana rumah sakit merupakan upaya nyata Badan RSUD Banjarnegara dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakatnya.
Dalam rangka peningkatan kompetensi aparatur negara di Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banjarnegara, ada 5 pilar pembinaan sumber daya manusia yang diterapkan. Kelima pilar tersebut adalah Building Learning Commitments ( BLC ), Building Learning Organization ( BLO ), Systemic Thinking, Personal Mastery, dan Networking.
1. Systemic Thinking;
cara pendekatan sistemik dalam menangani permasalahan di rumah sakit. Para pejabat di rumah sakit akan selalu mengusahakan menangani masalah dengan pendekatan sistem. Mengingat setiap elemen di rumah sakit ini tidak ada yang lebih penting maupun lebih tidak penting.
2. Personal mastery;
diadakan dengan Edukasi, Advokasi, dan konsultasi. Hal yang rutin diadakan dalam upaya personal mastery ini adalah proses pembelajaran kepemimpinan di rumah sakit. Direktur membimbing secara langsung para pejabat struktural dan para supervisor dalam meningkatkan kemampuan kepemimpinannya. Pelaksanaan pembelajaran ini untuk pemberdayaan (empowering) para pimpinan di setiap unit kerja rumah sakit. Diharapkan pembelajaran ini dapat mengarahkan para pimpinan unit kerja di rumah sakit menjadi pimpinan yang mampu menerapkan prinsip enterpreteneur bukan hanya prinsip birokrasi. Bimbingan ini dilaksanakan secara rutin untuk para supervisor setiap hari Senin dan untuk para pejabat struktural tiap hari Rabu. Pada tingkat pelaksana pembelajaran lebih di tekankan pada kemampuan teknis dan kemampuan bekerja sama dengan sesama mitra kerja maupun kemampuan kerja sama dengan pasien dan keluarganya.
3. Building Learning Organization ( BLO )
suatu bentuk pembelajaran dalam satu institusi dimana seluruh elemen di Badan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banjarnegara siap untuk melaksanakan proses belajar terus menerus.
4. Networking;
pembelajaran untuk staf rumah sakit dimana mengajarkan agar mampu membentuk jaringan kerja dan jaringan pemasaran baik di dalam rumah sakit maupun dengan luar rumah sakit.
5. Building Learning Commitments ( BLC )
suatu bentuk kegiatan pembelajaran bagi seluruh karyawan rumah sakit. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkala direncanakan setahun sekali. Pada tahun lalu, kegiatan ini diselenggarakan di Agro Wisata Tambi, Wonosobo Dalam pembelajaran ini seluruh peserta dikirim ke lapangan, mendapatkan pembelajaran di lapangan, bersatu dengan alam. 50% adalah kegiatan seperti Outward Bond dan 50 % merupakan manajemen trainning. Inti dari kegiatan tersebut adalah membina dan membentuk sebuah komitmen bersama diantara karyawan rumah sakit untuk memajukan rumah sakit.
Dengan cara – cara tersebut peningkatan kompentensi aparatur di RS tidak hanya membina kemampuan di bidang teknis kesehatan saja tetapi kemampuan untuk bekerja sama dan kecakapan berkolaborasi dengan semua pihak juga menjadi prioritas.

Keberhasilan pelayanan di Badan RSUD Banjarnegara adalah berkat kerja keras seluruh karyawan, dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara, serta kepercayaan dari segenap masyarakat Banjarnegara. Bersama – sama mewujudkan rumah sakit yang menjadi kebanggaan semua.

Rumah Sakit Umum Banjarnegara
Jl. Sudirman No. 42 Banjarnegara
Telp. 0268  91464   Fax.  0268 59 2462

Direktur RS
:
Dr. Bambang Whidhanarto

Diresmikan
:
31 Agustus 1940

Kepemilikan
:
Pemda Kab.Banjarnegara

Jumlah TT
:
121  tt

Tipe RS
:
C

Jumlah SDM
:
· Tenaga Medis
o Dokter Umum    – Orang
o Dokter Spesialis  – Orang
o Dokter Gigi   – Orang
o Dokter Gigi Spesialis – Orang
o Residen   – Orang
· Perawat   – Orang
· Paramedis non perawat   – Orang
· Non Medis   – Orang

+++ Fasilitas RS +++
Pelayanan Medis Pelayanan Penunjang
· Medical Check Up
· Dokter Umum
· Dokter Gigi
· Dokter Spesialis / Sub-Spesialis
o Anak
o Bedah
o Kebidanan & Kandungan
o Penyakit Dalam
o Syaraf
o THT
o Mata
o Psikologi o Laboratorium Patologi Klinik
o Laboratorium Patologi Anatomi
o X-Ray
o USG
o ECG
o Treadmill
o EEG
o Laparaskopi
o Konsultasi Gizi
o Farmasi
o Rehabilitaso Medik
Fasilitas
o UGD 24 Jam
o Rawat Inap
o Rawat Jalan
o Kamar Bedah
o ICU

DAFTAR NAMA PEJABAT STRUKTURAL
BADAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (BRSUD) BANJARNEGARA
Daftar nama pejabat struktural BRSUD Banjarnegara sesuai dengan susunan jabatan pada Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja BRSUD Banjarnegara :
1. Direktur : dr. Nugroho Kurnianto, S.pB
2. Sekretaris : Drs. Muhamad Takbir
3. Kepala Sub Bagian Umum : Sri Harwati
4. Kepala Sub Bagian Kepegawaian : Sri Sulistyawati, S.Sos
5. Kepala Sub Bag Pemasaran & Humas : Siti Herdiana
6. Kepala Bidang Pelayanan : Slamet Sulis Endaryati, S.Sos
7. Kepala Sub Bidang Pelayanan : Basrun, SKM
8. Kepala Sub Bidang Keperawatan : Herlina Widiastuti, S.Kep, Ns
9. Kepala Sub Bid Pelayanan Penunjang : Ris Mardiyanto, S.KM
10. Kepala Bidang Bina Program : Drs. Muhdi
11. Kepala Sub Bidang Perencanaan dan
Pengendalian Mutu : Sonhaji, S.IP, S.Sos, M.Kes
12. Kepala Sub Bidang Rekam Medik : Sri Yuniarti, S.KM
13. Kepala Sub Bidang Diklat : Kustarti
14. Kepala Bidang Keuangan : Tati Sukowati, S.Sos
15. Kepala Sub Bidang Perencanaan dan
Pengendalian Anggaran : Siti Murniati, SH
16. Kepala Sub Bidang Perbendaharaan : Titi, S.Sos
17. Kepala Sub Bidang Akuntansi : Tulasih, BcKN, S.Sos

Posted in: Uncategorized